Login
x
Wed, 20 Sep 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Sejarah perkembangan

Posted: Dec 22, 2011 01:35 -- Category: Tentang Kami

Masa Perkembangan
(SUPM Bogor – Sekolah Tinggi, 1972 – 2012)

Pada tahun 1972, kebijaksanaan Direktorat Jenderal Perikanan dalam pembangunan perikanan mulai bergeser ke arah industrialisasi.  Untuk itu diperlukan tenaga-tenaga teknik opersional tingkat menengah yang cakap dan terampil baik sebagai produsen yang dinamis dan rasional maupun dalam pengisian tenaga kerja.  SPDMA yang mula-mula bertujuan untuk menghasilkan tenaga penyuluh dirasa tidak sesuai lagi dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja untuk mengusahakan produksi yang diarahkan kepada industri perikanan.  Untuk memenuhi hal ini, maka Direktur Jenderal perikanan dengan Surat Keputusan No. H. II/2/7/14/1972 tanggal 14 Desember 1972 mengubah Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas (SPDMA) Bogor menjadi Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Bogor.  Namun demikian sampai tahun 1974 SUPM masih meluluskan siswa SPDMA, baru pada tahun ajaran 1975 SUPM benar-benar murni.

Sejarah 2

Pada tahun 1979, Menteri Pertanian mengeluarkan Surat Keputusan No, 151/Kpts/Org/3/1979 tentang Organisasi dan Tata Kerja sekolah Usaha Perikanan Menengah yang isinya antara lain; SUPM adalah unit pelaksana teknis di bidang pendidikan-pendidikan kejuruan pertanian dalam lingkungan Departemen Pertanian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian.  SUPM bertugas melaksanakan pendidikan perikanan tingkat lanjutan atas di bidang usaha perikanan budidaya untuk memenhi kebutuhan tenaga pelaksana lapangan dalam usaha perikanan yang dapat melaksanakan kegiatan bantuan pada pembangunan perikanan di wilayah.  Dengan adanya SK ini, SUPM Bogor sepenuhnya berada di bawah wewenang Badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian, dan yang lebih penting nama SUPM Jurusan Budidaya Bogor diubah menjadi SPP – SUPM Negeri Bogor.

Dalam perkembangannya, pada tahun 1984, berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 578/Kpts/Dl/210/8/1984 tentang sistem dan program studi, pola dasar kurikulum dan katalog bidang studi SPP, SPP – SUPM Negeri Bogor mempunyai dua program studi, yaitu :

  1. Program Studi Budidaya Air Tawar.
  2. Program Studi Budidaya Air Payau.

 

Perlu ditambahkan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 8 Desember 1986 No. 2245/D/8/86 dan Surat Keputusan Menteri Pertanian tanggal 3 Januari 1987 No. 1/Kpts/DL.210/i/1987, SPP – SUPM Negeri Bogor menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Program Diploma III Ahli Penyuluhan Pertanian dengan cluster Keahlian Perikanan yang mulai dilakukan pada tanggal 2 Maret 1987.  Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara Nomor : B.200/I/ Menpan/2/1989 tanggal 22 Februari 1989, menetapkan bahwa Diklat APP  Bogor termasuk type A yang mempunyai tiga keahlian yaitu : (a) Bagian Pertanian di Cibalagung (b) Bagian Peternakan di Cinagara dan (c) Bagian Perikanan di Cikaret.

Sejarah 3

Dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor : 30/Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi, maka Diklat APP  Bogor pada tahun 1993 berkembang menjadi suatu Perguruan  Tinggi Kedinasan dengan nama Akademi Penyuluhan Pertanian  (APP) Bogor.  APP telah meningkat statusnya menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) sesuai dengan Keppres No. 5 tahun 2001 tentang Pendirian STPP  Bogor dan STPP  Malang.

Sejalan dengan perkembangan pemerintahan, sejak tahun 2000 Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan RI telah terbentuk.  Direktorat Jenderal Perikanan yang mendirikan SPDMA Bogor, telah melebur di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) dan seluruh UPT yang menangani bidang perikanan telah beralih dari Departemen Pertanian ke Departemen Kelautan dan Perikanan.  Jurusan Penyuluhan Perikanan dengan institusi di bawah STPP Bogor belum di alihkan ke DKP.  Hal ini sesuai dengan arahan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 250/M.PAN/7/2000 tanggal 19 Juli 2000, perihal Organisasi dan Tata kerja di Lingkup Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan, yang menjelaskan bahwa Jurusan Penyuluhan Perikanan dimaksud dapat dimanfaatkan oleh Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan.

Sejarah 4

Perkembangan selanjutnya dengan adanya amanah dari UU Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan, Jurusan Penyuluhan Perikanan pada Tahun 2006 dialihkan ke Departemen Kelautan dan Perikanan dengan institusi di bawah Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.  Hal ini terkait dengan Surat Kesepakatan Bersama antara Departemen Pertanian dan Departemen Kelautan dan Perikanan Tentang Pengalihan Pengelolaan Jurusan Penyuluhan Perikanan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor.

Tagged: sejarah



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.