Login
x
Wed, 26 Jul 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Sejarah

Posted: Dec 11, 2011 13:15 -- Category: Tentang Kami

Masa Awal Pendirian (SPDMA, 1958 - 1972)

Rentang sejarah Pendidikan Perikanan Menengah dapat dikatakan dimulai pada tahun 1955.  ditengah gejolak politik nasional, pada tanggal 20 September tahun tersebut, tokoh-tokoh Perikanan Darat yang ada di jawatannya seperti Jawatan Perikanan Darat, Balai Penyelidikan perikanan darat, dan Laboratorium Perikanan Darat mengadakan rapat bersama membahas persoalan-persoalan khususnya perikanan darat.

Kemajuan bidang perikanan darat khususnya, diperkirakan akan berlangsung cepat di kemudian hari sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Jawatan Perikanan Darat berpikir untuk menyongsong perkembangan tersebut diperlukan tenaga-tenaga yang mempunyai latar belakang pendidikan vak khusus teknik perikanan.  Diharapkan mereka ini nantinya akan bertugas untuk memegang tampuk pimpinan, perencana, maupun sebagai asisten atau kepala stasiun di Provinsi-provinsi dan daerah swatantra, Balai Penyelidikan Perikanan Darat dan Laboratorium Perikanan Darat.

Kebutuhan akan adanya Sekolah Perikanan Darat tingkat menengah dirasa mendesak, mengingat tenaga-tenaga teknis perikanan pada waktu itu umumnya adalah Lulusan Middelhare Landbow School (MLS), Cultuur School (CS), Sekolah Pertanian Menengah Tinggi (SPMT), Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA), Sekolah Pengamat Perikanan Darat (KPPD), Kursus Mantri Perikanan darat (KMPD) dan Sekolah Usaha Perikanan Darat (SUPD) Lampung.

Sejarah 1

Hal itulah yang mendorong kesepakatan agar Jawatan Perikanan Darat dengan dibantu Balai Penyelidikan dan Laboratorium Perikanan Darat, mendirikan Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas dengan Lama pendidikan empat tahun.  Pada tanggal 12 Februari 1956, R.S. Atmohardjono, Kepala Pusat Jawatan Perikanan darat, waktu itu menyampaikan permohonan secara resmi kepada Kementrian Pertanian tentang Pembukaan sekolah Perikanan Darat Menengah Atas.  Permohonan ini pada prinsipnya disetujui dan pada tanggal 29 Oktober 1956, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan No. SK/ 162/Um/56.  Dengan berpegang pada SK Menteri Pertanian tersebut direncanakan sekolah akan dibuka pertengahan tahun 1957, dan spesifikasinya sebagai berikut;

  1. Lama pendidikan SPDMA adalah 4 tahun, terdiri dari 4 kelas dan pada kelas terakhir diadakan dua jurusan, yaitu Jurusan Penyuluhan dan Jurusan penyelidikan.
  2. Pada tahun pertama, yang direncanakan pada pertengahan tahun 1957 itu akan dibuka tiga kelas sekaligus.
  • Kelas I,  untuk permulaan, menerima siswa yang berijazah SMP bagian B.
  • Kelas II, sebagai kelas kursus persamaan.  Yang diterima adalah mereka yang berijazah SPM atau sederajat, misalnya lulusan Kursus pengamat Perikanan Darat Jaman Jepang.  Kelas ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pendidikan yang sesuai dan diperlukan untuk jabatan yang akan mereka pegang nantinya.
  • Kelas IV, kelas terakhir, untuk menampung siswa yang baru lulus dari SPMA.  Kepada mereka diberikan tambahan pelajaran dengan titik berat bidang perikanan, sedangkan pelajaran-pelajaran yang sudah diperolehj dibebaskan.

Pembukaan tahun ajaran pertama yang direncanakan tanggal 1 Oktober 1958 baru dapat dilaksanakan tanggal 10 Nopember 1958 dan pelajaran secara aktif mulai diberikan pada tanggal 11 Nopember.  Akhirnya pada tanggal 22 Desember 1958 keberadaan SPDMA diresmikan oleh Yang Mulia Menteri Pertanian Mr. R Sadjarwo.   Tanggal inilah yang sampai sekarang diperingati sebagai hari lahirnya SPDMA.

Baca selanjutnya

Tagged: sejarah



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.