Login
x
Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Program Studi

Posted: Sep 11, 2013 13:15 -- Category: Tentang Kami

 

Jurusan Penyuluhan Perikanan memiliki 1 (satu) program studi, yakni Program Studi Penyuluhan Perikanan. Program Studi ini khusus dirancang untuk menghasilkan lulusan penyuluh ahli yang profesional dan kompeten di bidang perikanan serta memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan penyuluhan perikanan secara efektif yang berbasis pada teknologi komunikasi guna meningkatkan daya saing produk perikanan. taruna dididik agar kompeten dalam memberdayakan masyarakat dan mengembangkan bisnis perikanan di suatu kawasan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Dalam pengelolaan kependidikannya, STP Jurusan Penyuluhan Perikanan menerapkan sistem pendidikan yang diasramakan.  Taruna sebagai peserta didik diwajibkan tinggal di asrama dan mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan yang dijadwalkan.  Hal ini ditujukan untuk pembinaan taruna secara terpadu di bidang kependidikan, kepemimpinan dan kepribadian dalam rangka mempersiapkan jiwa, mental, spiritual taruna dalam proses perkuliahan.

Pelaksanaan kegiatan kependidikan didasarkan pada kurikulum STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, berdasarkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan, No. KEP.06/MEN/2008, Tgl 25 Januari 2008.  Kurikulum ini terdiri atas Kurikulum Program Studi Penyuluhan Perikanan Budidaya; Kurikulum Program Studi Penyuluhan Pengolahan Hasil Perikanan; dan Kurikulum Program Studi Penyuluhan Penangkapan Ikan.  Namun pada saat ini, Jurusan Penyuluhan Perikanan hanya menyelenggarakan 1 (satu) prgram studi yaitu Program Studi Penyuluhan Budidaya Perikanan, yang pada Tahun 2009 telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan status akreditasi B.  Setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun (8 semester), lulusan Program D4 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan diberi hak untuk menggunakan gelar profesional ditempatkan dibelakang nama pemilik yaitu sebutan Sarjana Sains Terapan Perikanan disingkat S.S.T.Pi.

Pelaksanaan kegiatan pendidikan ini terdiri dari perkuliahan, praktikum, praktek pengenalan kehidupan masyarakat pesisir, praktek kerja lapangan 1, 2 dan 3, praktek keahlian, praktek akhir, dan pembinaan ketarunaan.  Disamping itu terdapat pula kegiatan akademik non kurikuler berupa pelatihan peningkatan motivasi, penyelenggaraan seminar nasional, kegiatan beladiri olahraga dan kesenian, kegiatan kerohanian taruna, dan pengembangan unit usaha perikanan/kewirausahaan taruna di bidang budidaya dan pengolahan hasil perikanan.

Taruna program studi Penyuluhan Perikanan juga selalu dilibatkan dalam kegiatan penyelenggaraan seminar-seminar, kuliah-kuliah umum yang diselenggarakan secara insidentil baik pada setiap awal semester baik semester ganjil dan genap maupun awal tahun akademik.  Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan wawasan taruna, tentang ilmu penyuluhan perikanan ataupun wawasan informasi tentang kebijakan-kebijakan kementerian dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Para lulusannya akan mendapatkan Sertifikat Profesi Penyuluh Perikanan Level Supervisor dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Kelautan dan Perikanan Bidang Penyuluhan Perikanan.

Kurikulum Penyuluhan Perikanan

Tagged: program, studi



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.