Login
x
Wed, 26 Jul 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Kurikulum Program Studi Penyuluhan Perikanan

Posted: Nov 27, 2014 06:44 -- Category: Tentang Kami

Kurikulum

Kurikulum meliputi kegiatan pembelajaran mahasiswa secara keseluruhan dan dijadikan rujukan bagi program studi dalam merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi seluruh kegiatan terkait proses pencapaian tujuan program studi. Kurikulum di Program Studi Penyuluhan Perikanan (PS PP)disusun berdasarkan hakikat keilmuan dan karakteristik bidang studi, kebutuhan pemangku kepentingan dan juga kesesuaiannya dengan standar mutu, visi, dan misi program studi.

Sebagai upaya untuk meningkatkan relevansinya dengan aspek sosial dan keilmuan, kurikulum di PS PP selalu ditinjau, dan dimutakhirkan oleh program studi beserta para pemangku kepentingan secara periodik melalui lokakarya. Hal ini untuk menjaga agar lulusan yang dihasilkan nantinya memiliki kompetensi yang mutakhir, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kurikulum PS PP diusahakan memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memua tmata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum PS PP juga dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
 

Kompetensi

Kompetensi utama lulusan PS PP adalah mampu menjelaskan dan menganalisis permasalahan-permasalahan dan kebijakan-kebijakan  pembangunan sumber daya manusia baik yang mencakup sosial,  ekonomi mikro maupun teknologi.
Kompetensi umum yang diharapkan dapat dimiliki oleh lulusan PS PP adalah lulusan yang ahli penyuluhan  dan mampu  mendifusikan teknologi untuk memecahkan berbagai persoalan yang diahadapi pelau utama dan pelaku usaha perikanan.
Kompetensi khusus/penunjang yang diharapkan dimiliki oleh lulusan PS PP, antara lain:
  1. Mampu mengidentifikasi potensi wilayah perikanan dan permasalahan yang dihadapi pelaku utama dan apelaku usaha perikanan
  2. Mampu merancang progaram dan menyusun programa penyuluhan perikanan pada berbagai tingkatan pemerintahan;
  3. Mampu mengaplikasikan teknologi perikanan dan Ilmu Ekonomi apada masyarakat;
  4. Memiliki kepekaan dan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap berbagai kebijakan pemerintah (kebijakan ekonomi dan pembangunan secara umum) yang berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat luas;
  5. Mampu mengembangkan ilmu yang ditekuninya secara terarah dan mandiri melalui kegiatan penelitian.
 

Struktur Kurikulum

Kurikulum program dilploma PS PP, terdiri dari mata kuliah Kelompok Mata Kuliah Dasar, Kelompok mata Kuliah Sosial Penyuluhan, kelompok Mata Kuliah Ekonomi, dan Kelompok Mata Kulaiah Teknologi perikanan.
 
 

Sebaran Mata Kuliah Per Semester

Semester 1

Semester 1
 

Semester 2

Semester 2
 

Semester 3

Semester 3
 

Semester 4

Semester 4
 
 

Semester 5

Semester 5

 

Semester 6

Semester 6
 
 

Semester 7

Semester 7

 

 

Semester 8

Semester 8


Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.