Login
x
Wed, 12 Aug 2020
Selamat Datang di Website Resmi Politeknik Ahli Usaha Perikanan Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor
           

Pemantapan Konsep Pendidikan Penyuluhan Melalui Lokakarya

Posted: Nov 18, 2013 08:47 -- Category: Pendidikan

Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Penyuluhan Perikanan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi senantiasa terus meningkatkan kapasitas pengembangan akademik pendidikan. Berkenaan dengan hal tersebut, secara rutin pada awal semester ganjil tahun akademik menyelenggarakan Lokakarya Pengembangan Akademik yang dihadiri oleh seluruh staff pengajar STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menyusun konsep pendidikan dan pendukungnya yang selanjutnya akan diterapkan pada pendidikan di STP Jurusan penyuluhan Perikanan.
 
Pada hari Jum’at hingga sabtu, 15 – 16 November 2013, Lokakarya Pengembangan Pendidikan kembali diselenggarakan di Grand Prioritas Hotel Cisarua Bogor. Pada kegiatan tersebut diulas kembali materi tentang pembelajaran metodik didaktik sebagai penyegaran untuk staff pengajar. Selain itu, diharapakn ada pemantapan praktek mata kuliah yang dikemas dalam bentuk teaching factory untuk mendukung program Pusat Pendidikan Kelauatn dan Perikanan dalam rangka melatih taruna untuk lebih mandiri dan mapan berwirausaha, pengkayaan materi praktek kerja lapang dan praktek akhir.
 
Rangkaian Kegiatan Lokakarya Meliputi: Pembukaan yang dimulai dari Laporan ketua panitia dalam hal ini Ketua Program Studi Penyuluhan Perikanan Jurusan Penyuluhan Perikanan dan dilanjutkan dengan Arahan dan Pembukaan secara resmi oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan Dra. Ani Leilani, M.Si.
 
Pada Sesi selanjutnya, dilaksanakan Pleno Penyampaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Program Studi Penyuluhan Perikanan berdasarkan Labo Ilmu. Disetiap Pleno RPS, dirangkaikan dengan diskusi untuk menampung saran dan masukan bagi penyempurnaan RPS masing-masing labo ilmu tersebut, hasil akhir dari Pleno tersebut adalah tersusunnya Rumusan Hasil Lokakarya.
 
Rangkaian acara lainnya yang tak terlewatkan adalah Penyampaian progres Persiapan masing-masing unit organisasi yang ada di Jurusan Penyuluhan Perikanan sebagai sebuah langkah awal menghadapi Akreditasi Jurusan Penyuluhan Perikanan di Tahun mendatang. Unit organisasi yang menyampaikan persiapan akreditasi tersebut meliputi: Unit Program Studi, Unit Akademik Admnistrasi Ketarunaan dan Tenaga Kependidikan, Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Sarana Pendidikan, serta Tata Usaha.
 
Pada Hari berikutnya, kegiatan yang dilaksanakan adalah Pemaparan Kesimpulan dan Hasil Rumusan kegiatan Lokakarya Pengembangan Pendidikan STP Jurusan penyuluhan Perikanan Bogor. Pada akhir acara, Ketua Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Ir. Tatang Taufik Hidayat, MS. Berkesempatan memberikan arahan dan rencana peningkatan kapasitas tenaga pengajar dan peserta didik sekaligus menutup Acara Lokakarya Pengembangan Pendidikan tersebut.
 


Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2020 Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Bogor. All Rights Reserved.