Login
x
Tue, 25 Sep 2018
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

BAPPENAS Kunjungi STP Jurluhkan Bogor

Posted: Apr 04, 2014 07:47 -- Category: Lain-lain

Bogor, 4 April 2014. Sebagai salah satu institusi pendidikan kelautan dan perikanan, STP Jurluhkan Bogor telah melaksanakan pendidikan di bidang ini sejak 1958. Institusi ini telah mengalami perkembangan kelembagaan dari Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas (SPDMA) yang setara dengan pendidikan menengah atas, hingga menjadi sebuah institusi pendidikan Diploma IV (D-IV). Namun institusi ini tetap konsisten dengan pembelajaran di bidang kelautan dan perikanan, utamanya adalah penyuluhan kelautan dan perikanan. Hal tersebut adalah paparan utama Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, Dra. Ani Leilani, M.Si saat menerima kunjungan dari Direktorat Pendidikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) di Kampus Bogor.
 
Di tempat yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Teleconference antara taruna semester akhir yang sedang melaksanakan Praktek Akhir (PA) yaitu Fitriani di Kebumen-Jateng, Numiyati di Boyolali-Jateng, Rina Pebriana di Selayar-Sulsel dan Ihsan Mahmudi di Padang-Sumbar dengan dosen pembimbing dan pihak BAPPENAS dan PUSDIK KP. Pada kesempatan tersebut, para taruna melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama Praktek Akhir kepada masing-masing dosen pembimbing. Selain dengan dosen pembimbing, mereka juga sempat berkomunikasi dengan pihak BAPPENAS. Kegiatan Teleconference merupakan kegiatan yang difasilitasi oleh RAPIKAN. Diakhir teleconference, para taruna mengungkapkan rasa bangga telah menjadi bagian dari STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. Mereka memiliki sebuah cita-cita untuk menajdi seorang penyuluh yang handal agar dapat membantu para nelayan di Daerahnya untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi nelayan.
 
Diskusi kemudian dilanjutkan dengan program pengembangan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. Ketua Jurusan mengawali dengan menjelaskan kondisi saat ini, dimana STP Jurusan Penyuluhan Perikanan saat ini memiliki satu Program Studi Penyuluhan Perikanan yang telah mendapatkan Akreditasi "B" dari BAN-PT. Kekurangan yang dimiliki oleh Program Studi ini saat dilakukan akreditasi tahun 2009 adalah minimnya sarana multimedia untuk penyuluhan. Karena perlengkapan multimedia yang memadai mutlak diperlukan saat ini sebagai sarana penyuluhan.
 
Ketua Jurusan menambahkan, dalam perkembangannya pada akhir tahun 2011, STP Jurusan mendapat fasilitas pembelajaran untuk media terdengar dalam bentuk pemancar radio, yang saat ini dikenal dengan nama RAPIKAN (Radio Penyuluhan Industrialisasi Kelautan dan Perikanan). Radio ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak pertama diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada Februari 2012, dan menjadi kebanggaan Kampus Bogor. Menyusul kemudian fasilitas media tertayang saat ini sudah mulai dilengkapi. Beberapa kamera video dan fasilitas pembuatan video telah dimiliki oleh kampus Bogor.
 
Status pinjam pakai dari Kementerian Pertanian (2006-2013) menjadikan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan minim pengembangan secara fisik. Namun hal ini tetap membuat pengelola unit tetap melayani kegiatan perkuliahan secara maksimal. Pengelola unit yang ada di STP Jurusan Penyuluhan Perikanan harus mampu mengoptimalkan sumberdaya yang ada.
 
Fasilitas multimedia yang masih kurang menurut Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, yaitu fasilitas pembelajaran media tercetak. Fasilitas ini diperlukan untuk membuat media penyuluhan dalam bentuk poster, banner, folder, leaflet, dan sebagainya. Diharapkan, fasilitas ini dapat segera dilengkapi imbuh Ketua Jurusan.
 
Waktu yang singkat membuat diskusi dilanjutkan sambil melakukan kunjungan, untuk melihat fasilitas yang ada dan optimalisasinya. Kunjungan dimulai dari bagian depan, yaitu ruang kelas, ruang Dosen, perpustakaan, dan Laboratorium Komputer. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Laboratorium Multimedia
 
Dengan demikian, perlu pengembangan lanjut untuk menata kembali laboratorium yang diperlukan. Saat ini ruangan laboratorium belum tersedia secara layak. Sehingga STP Jurusan Penyuluhan Perikanan sudah mulai membuat site plan untuk penataan ruangan tersebut.


Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2018 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.