Login
x
Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Taruna Jurluhkan STP Selenggarakan Basic Islamic Leadership Training

Posted: Apr 12, 2014 14:51 -- Category: Ketarunaan

Selamat Datang di Zona Perubahan, sebuah kalimat pembuka yang terpampang dilayar mampu memberikan motivasi bagi peserta dalam acara Basic Islamic Leadership Training (BILT) yang diselenggarakan oleh Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Penyuluhan Perikanan melalui Kerohanian Islam Jurusan Penyuluhan Perikanan. BILT dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 12 April 2014 di Aula STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor dengan mengangkat Tema “Mencari Inspirasi Diri Menjadi Muslim Sejati”. Menghadirkan Seorang Motivator Nasional, Agung Wisnu Wardhana, S.Hut. beliau merupakan Aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa Institute Pertanian Bogor (IPB) tahun 90-an dan saat ini Aktif sebagai Peneliti SEM Institute dan Salah satu Pimpinan Lembaga Keuangan dan Investasi ProShare.

Mengawali acara MC membuka dengan Sapaan yang sudah lazim dalam setiap training “Apa Kabar anda Hari ini?” sontak seluruh peserta  dengan penuh semangat dan ekspresi rasa sytukur menjawab, Alhamdulillah Luar Biasa, Allahu Akbar.” Pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh Taruna Remaja mengiringi pembukaan BILT, dengan suara merdu melantunkan ayat suci semakin menambah semangat bagi para peserta.

Mengarungi samudra kehidupan, Kita ibarat para pengembara
Hidup ini adalah perjuangan, Tiada masa tuk berpangku tangan
Setiap tetes peluh dan darah, Tak akan sirna ditelan masa
Segores luka di jalan Allah, Kan menjadi saksi pengorbanan

Sebuah penggalan Nasyid Shoutul Harokah yang dibawakan oleh Tim Nasyid Jurluhkan  semakin melengkapi kobaran semangat bagi para peserta. Seolah larut dalam suasana perjuangan hidup yang penuh liku, namun dihadapi dalam motivasi tinggi tanpa lelah. Sontak diakhir Lirik Nasyid para peserta memberikan tepuk tangan dan Pekikan Takbir bagi Tim Nasyid Jurluhkan.

Selanjutnya Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan laporan penyelenggaraan BILT sebelum memasuki acara inti. Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan terselenggara atas dukungan dari Jurusan Penyuluhan Perikanan, Senat Taruna STP Jurluhkan, DKM Manbaul Husna Jurluhkan dan Kerohanian Islam Jurluhkan Bogor. Penyelenggaraan BILT ini merupakan kali ke 8 (delapan) sejak tahun 2006. Panitia berharap acara dapat berjalan dengan lancar dan peserta bisa mendapat inspirasi dalam mengembangan kapasitas dirinya masing-masing sehingga nantinya bisa memberikan manfaat bagi sesama manusia, alam dan lingkungannya.

Memasuki acara inti, Narasumber membuka dengan sebuah kalimat “Islam untuk Semua, bukan Semua untuk Islam”. Beliau memaparkan 4 segmentasi Pembahasan pokok Meliputi: 1) “Life is Choice” merupakan materi yang menekankan pada pembahasan untuk menyadarkan akan pilihan-pilihan hidup, 2) “The View Of Life, materi ini memberikan arahan kepada para peserta agar bisa menemukan arah hidup yang sebenarnya, 3) “Beyond the Inspiration” sebagai sebuah materi peneguh bahwasanya cita-cita hidup kaum muslimin mampu menembus batasan apapun karena memiliki Prinsip “They believe in something That can not seen by eyes!”, dan, 4) “Living the Afterlife”, merupakan materi dimana akan dihantarkan untuk membuat perencanaan meraih kebahagiaan di akhir kehidupan kita.

Sebagai sebuah bentuk training leadership, BILT merupakan sumbangsih baru untuk mahasiswa indonesia. Dengan prinsip dasar, keimanan harus memuaskan, menentramkan perasaan dan sesuai dengan kefitrahan insaniyah, iman seperti inilah yang memapu membantuk manusia pemimpin di setiap jamannya

Menjadi bagian dari inti materi Training, menjelang akhir acara para peserta dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang per kelompok dan didampingi oleh seorang Mentor. Diskusi kelompok ini merupakan sebuah rangkaian acara untuk me-review dan mengevaluasi sejauh mana peserta mampu menyerap materi yang telah disampaikan dan membangun komitmen para peserta untuk terus semangat dan senantiasa manjadikan islam sebagai pedoman hidup.

Segala yang ada dalam hidupku, Kusadari semua milik Mu

Ku hanya hamba Mu yang berlumur dosa, Tunjukkan aku jalan lurus Mu

Untuk menggapai surga Mu, Terangiku dalam setiap langkah hidupku

 

Diakhir acara, Tim Nasyid Jurluhkan kembali membawakan salah satu lagu Pop yang dipopulerkan oleh Band Ungu. Lirik yang sederhana namun memiliki makna yang mendalam sebagai sebuah ketundukan kepada sang pencipta dan memberikan kesadaran akan kelemahan diri manusia.

Setidaknya ada 7 hal yang dapat diperoleh oleh para peserta dalam mengikuti BILT tersebut seperti” membantu tahu hakekat hidupnya, membantu menjadi mahasiswa istimewa, menginspirasi untuk selalu memilih yang terbaik dalam hidup, menjadikan sebagai mahasiswa sukses dunia akhirat, menjadikan mahasiswa berkarakter juara, membentuk pribadi yang super dan agen perubahan, membimbing menjadi pemimpin dunia.



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.