Login
x
Wed, 12 Aug 2020
Selamat Datang di Website Resmi Politeknik Ahli Usaha Perikanan Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor
           

Lulusan STP Jurluhkan Ikuti Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Perikanan Level Supervisor

Posted: Aug 16, 2014 08:04 -- Category: TUK

Sebagai calon Penyuluh Perikanan Level Supervisor, para lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan Angkatan-46 diwajibakan untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Perikanan. Kegiatan ini merupakan salah satu tahap yang harus dilaksanakan oleh para calon lulusan (assessment) sebelum mengakhiri pendidikan pada Program Diploma 4 (empat) STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dalam rangka mewujudkan Penyuluh Perikanan yang professional. Calon lulusan (asesi) Tahun 2014 berjumlah 38 orang yang nantinya akan diuji oleh para penguji (asesor) dengan Materi Uji Kompetensi (MUK) untuk level penyuluh perikanan supervisor sebanyak sembilan MUK.

Sertifikasi kompetensi penyuluh perikanan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bertempat di Kampus STP Jurluhkan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dimulai pada tanggal 4 – 23 Agustus 2014. Materi Uji Kompetensi (MUK) sebanyak 9 (sembilan) MUK meliputi : (1) Mengolah Data/Informasi Potensi  Wilayah Perikanan, (2) Menyusun Programa Penyuluhan Perikanan, (3) Membuat Media Penyuluhan Perikanan Terdengar, (4) Menerapkan Metode Penyuluhan Perikanan, (5) Menumbuhkembangkan Kelembagaan Gabungan Kelompok/Asosiasi Pelaku Utama dan/atau Pelaku Usaha Perikanan, (6) Mengembangkan Kewirausahaan Kelompok Pelaku Utama dan/atau Pelaku Usaha Perikanan, (7) Mengevaluasi Pelaksanaan Penyuluhan Perikanan, (8) Melaksanakan Kegiatan Pengembangan Profesi Penyuluh Perikanan dan (9) Mengelola Produksi Budidaya Ikan.

Harapannya setelah mengikuti sertifikasi ini, para calon penyuluh dinyatakan “kompeten” dan mereka akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Penyuluh Perikanan Supervisor yang di keluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan ditanda tangani oleh Ketua LSP-KP Bapak Ir. Herry Maryuto, MMA. Dengan demikian STP Jurluhkan mampu mewujudkan Penyuluh Perikanan yang professional. 



Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2020 Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Bogor. All Rights Reserved.