Login
x
Wed, 12 Aug 2020
Selamat Datang di Website Resmi Politeknik Ahli Usaha Perikanan Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor
           

TUK STP Bogor Sertifikasi 33 Penyuluh Perikanan

Posted: Nov 06, 2014 14:50 -- Category: TUK

Salah satu program prioritas Pusat penyuluhan Kelautan dan Perikanan tahun 2014 adalah menghasilkan penyuluh perikanan yang memiliki sertifikat sebanyak 200 orang. Hal ini Berdasarkan undang-undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) menyatakan bahwa pekerjaan Penyuluh perikanan merupakan profesi. Pernyataan tersebut dikuatkan lagi pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2009 tentang Pembiayaan, Pembinaan dan Pengawasan Penyuluh Pertanian,Perikanan dan Kehutanan menyatakan bahwa setiap Penyuluh PNS yang telah mendapatkan sertifikasi profesi sesuai dengan standar kompetensi kerja dan jenjang profesinya diberikan tunjangan profesi Penyuluh.

Selain itu, dasar sertfikasi penyuluh perikanan adalah dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean yang sedianya akan berlaku pada tahun 2015 mendatang. Terlebih lagi, awal tahun 2014 ini telah disahkan Undang-undang Desa, oleh karenanya dibutuhkan pendamping desa yang notabene dilaksanakan oleh penyuluh untuk segera mendapat pengakuan kompetensi berdasarkan Standar Kompetensi kerja Indonesia bidang penyuluhan perikanan.

Oleh karenanya, Pusat Penyuluhan Kelautan dan perikanan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSPKP) dalam menggelar Uji Kompetensi Penyuluh Perikanan agar mendapatkan sertifikat Penyuluh Perikanan. Dengan itu, LSPKP menanggapi secara serius dengan menugaskan beberapa Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk melaksanakan Uji Kompetensi bagi para penyuluh perikanan.

Seperti yang dirilis Website Resmi Pusat penyuluhan Kelautan dan perikanan, Tercatat 170 orang penyuluh perikanan PNS yang telah menyampaikan konfirmasi mengikuti kegiatan penting ini dengan rincian TUK BPPP Aertembaga Bitung 33 orang, TUK STP Jurluhkan Bogor 33 orang, TUK Politeknik KP Sidoarjo 61 orang, TUK Universitas Bung Hatta Kota Padang 31 orang dan TUK BDA Sukamandi 27 orang.  Terhadap kekurangan 30 orang penyuluh perikanan, Pusluh KP memberikan kesempatan kepada penyuluh perikanan lainnya untuk mendaftar mengikuti kegiatan sertifikasi di TUK di BDA Sukamandi pada tanggal 18-21 November 2014.

Berdasarkan data tersebut, Sejak rabu, 5 november 2014 kemarin, di Tempat Uji Kompetensi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan telah dimulai uji kompetensi penyuluh perikanan sebanyak 33 orang yang berasal dari pulau sumatera, jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Pelaksanaan Uji Kompetensi tersebut rencananya akan berlangsung hingga 7 November 2014 dengan target bahwa seluruh penyuluh perikanan menyelesaikan seluruh uji dengan baik. Dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta jumlah asesor yang cukup banyak, adalah factor pendukung kelancaraan acara tersebut.



Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2020 Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Bogor. All Rights Reserved.