Login
x
Wed, 12 Aug 2020
Selamat Datang di Website Resmi Politeknik Ahli Usaha Perikanan Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor
           

Restocking Ikan dan Temu Lapang di Setu Sela Cibinong

Posted: May 05, 2015 07:45 -- Category: Pengabdian Masyarakat

Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor pada hari Selasa, 5 Mei 2015 melaksanakan 2 (dua) agenda kegiatan pengabdian masyarakat yakni Restocking Ikan Nila Hitam ke Perairan umum / setu dan Temu Lapang yang dilaksanakan oleh Taruna yang sedang melaksanakan kegiatan Praktek Akhir. Kegiatan tersebut berlokasi di Setu Sela Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

Sebagai salah satu instansi yang memiliki fungsi  menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat secara rutin sebagai upaya pengembangan kapasitas sumberdaya manusia pada umumnya dan pelaku utama kelautan dan perikanan pada khususnya. Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan di Daerah Kabupaten Bogor adalah Restoking Ikan.

Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekositem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan STP, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Camat Cibinong, Kepala BP3K Wilayah Cibinong, Kepala Desa Karadenan Kecamatan Cibinong, Dosen STP Jurluhkan, Penyuluh Perikanan, Anggota kelompok Mina Sughi Mukti, Tokoh Maysarakat, masyarakat sekitar setu, serta Taruna/I STP Jurusan Penyuluhan Perikanan yang sedang praktek akhir di Kabupaten Bogor.

 

Acara dibuka oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan STP, Dra. Ani Leilani, M.Si.. Beliu menyampaikan bahwa “Melalui restocking ikan  ini dihaparkan dapat menyadarkan  masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup diperairan tersebut tetap lestari.  Kegiatan konservasi bukan hanya melindungi ikan saja tetapi juga pemanfaatan yang berkelanjutan, artinya ikan yang boleh ditangkap untuk dikonsumsi adalah ikan ukuran konsumsi saja, sedangkan benih-benih dan induk ikan yang tertangkap harus dikembalikan lagi ke perairan tersebut, dengan harapan  memberi kesempatan pada ikan untuk tumbuh dan berkembang. Pada kesempatan ini kita akan menebar ikan ke setu kurang lebih sebanyak 40.000 ekor Ikan Nila”.

Camat Cibinong, dalam arahannya juga menyampaikan rasa bangga karena setiap tahun STP Jurusan Penyuluhan Perikanan menyelenggarakan kegiatan Restocking Ikan Nila ke setu-setu yang berbeda. Selain itu Camat Cibinong juga mengajak masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga Setu agar ikan-ikan yang ditebar bisa dipelihara dengan baik sehingga nantinya bisa memberikan manfaat kepada Warga setempat.

Selain kegiatan Restocking, pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan kegiatan temu Lapang yang difasilitasi oleh Taruna yang sedang melaksanakan praktek di Kabupaten Bogor khususnya Cibinong. Kegiatan ini merupakan salah satu aksi penyuluhan yang dilaksanakan oleh taruna dalama pelaksanaan Tugas Akhir sebelum kembali ke kampus. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya para dosen, taruna juga dididik untuk siap terjun ke lapangan dalam rangka pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat khususnya pelaku utama perikanan. Sehingga kegiatan praktek akhir taruna ini tidak hanya memberikan pengalaman bagi para taruna, akan tetapi juga mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Dengan demikian, dengan kegiatan restocking ikan nila diharapkan dapat meningkatkan stock polulasi ikan diperairan umum di Kabupaten Bogor, melestarikan sumberdaya ikan dan meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat disekitar setu.



Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2020 Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Bogor. All Rights Reserved.