Login
x
Wed, 12 Aug 2020
Selamat Datang di Website Resmi Politeknik Ahli Usaha Perikanan Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor
           

Jurluhkan Olah Buah Mangrove Jadi Dodol dan Sirup

Posted: Nov 10, 2015 17:57 -- Category: Pengabdian Masyarakat

Perguruan Tinggi, selain menyelenggarakan kegiatan pendidikan, memiliki fungsi dalam melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 3 (tiga) hal tersebut itulah yang seringkali disebut sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan) yang merupakan lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Sekolah Tinggi Perikanan merupakan lembaga yang menyelenggarakan pengabdian masyarakat fokus pada kelompok-kelompok perikanan yang ada di beberapa daerah. Secara rutin dan kontinyu menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah-wilayah yang sudah menjadi mitra. Pada tahun ini, kegiatan pengabdian masyarakat salah satunya dilaksanakan di Kota Serang Provinsi Banten.

Kegiatan  Pengabdian di Serang dilaksanakan dalam 2 (dua) kegiatan yakni Demontrasi Cara pengolahan HAsil Perikanan dan Konservasi Sumberdaya Perairan melalui Penanaman Mangrove di Sekitaran Tambak pembudidaya Ikan di Desa Sawah Luhur Serang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 10 November 2015, bertempat di Sekretariat Kelompok Mina Mukti Kecamatan Kasemen Kota Serang - Banten. Kegiatan Pengabdian dilaksanakan oleh Dosen dan Staff Pengajar jurluhkan Bogor. Nampak hadir sebagai peserta kelompok pengolah ikan yang didampingi oleh Penyuluh Perikanan Pusat yang ada di UPT KKP di Serang. Dosen STP jurluhkan menjadi demonstrator dan pembawa materi, Materi yang disampaikan adalah Pembuatan Dodol dan Sirup yang bahan dasarnya dari Buah Mangrove.

Menarik, karena jarang sekali buah mangrove dijadikan sebagai bahan makanan. Akan tetapi kali ini, Jurluhkan Bogor mencoba untuk mengangkat sebuah inovasi yang diberikan kepada masyarakat. Alasan pemlihan materi tersebut karena produk-produk tersebut (dodol dan sirup) merupakan produk olahan perikanan yang sudah popular di masyarakat. Selain itu Dodol dan Sirup yang bahan dasarnya buah mangrove belum begitu popular di kalangan masyarakat Serang sehingga teknologi tersebut bisa menjadi terobosan baru dalam dunia perikanan. Selain cara pembuatannya yang sederhana dan produk yang praktis disiapkan.

Dalam acara tersebut, para peserta begitu antusias dalam menyimak materi. Hal ini bisa dilihat pada respon peserta yang memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan jika ada hal-hal yang tidak dimengerti. Selain itu, terlihat para peserta ikut serta secara langsung dalam proses pengolahan produk-produk membantu dosen sebagai demonstrator. Dengan demikian menjadi sebuah indikator bahwa kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dengan peningkatan nilai tambah melalui diversifikasi produk olahan hasil perikanan.

Setelah para Dosen melaksankan demonstrasi pengolahan hasil perikanan kepada kelompok pengolah ikan, para peserta bersama anggota kelompok pembudidaya ikan melaksanakan penanaman mangrove di sekitar pematang tambak milik anggota kelompok. ada sekitar 500 batang mangrove yang ditanam pematang tambahk pembudidaya. Dengan demikian, melalui penanaman mangrove bisa menjadi salah satu pendukung dalam kegiatan budidaya perikanan yang dilaksanakan oleh pelaku utama perikanan.



Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Unit Praktik Lapang Komunikasi dan Penyuluhan
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2020 Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Bogor. All Rights Reserved.