Login
x
Wed, 20 Sep 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

TUK STP Bogor Sertifikasi 170 Orang Penyuluh Perikanan

Posted: May 30, 2016 12:52 -- Category: TUK

Tahun 2016, Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat KP mempunyai target untuk melakukan sertifikasi pada 1.500 orang penyuluh perikanan. Dari jumlah tersebut, akan dibagi menjadi dua, yakni 700 orang mengikuti sertifikasi teknis, 800 orang mengikuti sertifikasi profesi.
TUK (Tempat Uji Kompetensi) STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dipercaya untuk melaksanakan sertifikasi penyuluh perikanan tahap pertama tahun 2016. Sebanyak 170 orang penyuluh perikanan akan mengikuti sertifikasi teknis dan profesi yang diselenggarakan di TUK STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, dengan rincian, 80 orang mengikuti sertifikasi teknis, dan 90 orang mengikuti sertifikasi profesi. Penyuluh perikanan yang mengikuti sertifikasi berasal dari Jawa Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah.
Pembukaan Sertifikasi dilaksanakan pada 30 Mei 2016 bertempat di Hotel New Ayuda Bogor untuk sertifikasi Teknis, dan untuk sertifikasi Profesi bertempat di Hotel Pangrango 2 Bogor.
Pembukaan sertifikasi dihadiri oleh Ketua TUK STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Yenni Nuraeni, M.Sc, dan Lead Asessor TUK STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Dr. Otie Dylan Subhakti Hasan, serta beberapa Asesor STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Yenni menyampaikan bahwa untuk Sertifikasi Profesi Penyuluh Perikanan terdapat 3 level, yakni Penyuluh Perikanan level Fasilitator dengan 5 MUK (Mata Uji Kompetensi), level Supervisor dengan 8 MUK, dan Level Advisor dengan 9 MUK. Sedangkan untuk sertifikasi teknis, terdapat 3 pilihan kompetensi yang dapat dipilih yakni Penangkapan Ikan, Budidaya Perikanan (Pembenihan dan Pembesaran), serta Pengolahan Ikan.
Otie dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa saat ini Pusluhdaya KP (Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan) berusaha meningkatkan daya saing penyuluh perikanan, melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui sertifikasi baik teknis maupun profesi. Otie juga mengingatkan para penyuluh agar melek terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.
Sertifikasi yang dilaksanakan hingga 30 Mei 2016 hingga 1 Juni 2016 nanti akan dilakukan di dua lokasi yang berbeda. Sertifikasi profesi akan dilaksanakan di Hotel Pangrango 2 Bogor. Sedangkan sertifikasi teknis akan dilaksanakan di Kampus STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. 

 

 

 

 

 



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.