Login
x
Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Sebelum Lulus, Taruna Jurluhkan Bogor Dibekali Sertifikat Kompetensi

Posted: Jun 15, 2016 01:04 -- Category: TUK

(Bogor, 14 Juni 2016) Program Studi Penyuluhan Perikanan merupakan program studi vokasi yang dirancang untuk menghasilkan penyuluh perikanan ahli. Selama 5 tahun ke belakang, setiap lulusan dari program studi ini dibekali dengan Sertifikat Profesi Penyuluh Perikanan Level Supervisor, selain ijazah Diploma 4. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing lulusan Program Studi Penyuluhan Perikanan.

Sertifikasi ini merupakan kerjasama antara BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, proses sertifikasi dilakukan di TUK Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan). Tahun ini sertifikasi dilakukan lebih awal, yakni setelah Ujian Akhir Semester VIII. Sertifikasi akan dilakukan selama 2 hari, pada 14-15 Juni 2016 dan diikui oleh 85 orang taruna Semester VIII.

Pembukaan dilakukan pada 14 Juni 2016 di Aula Pangasius STP Jurluhkan. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, Asesor dan Taruna Semester VIII. Sertifikasi dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, Dra. Ani Leilani, M.Si.

Dalam sabutannya, Ani menyampaikan bahwa taruna akan mengikuti proses sertifikasi dengan skema cluster. Dengan skema ini, taruna akan dihadapkan pada 1 orang Asesor untuk 8 Mata Uji Kompetensi (MUK) yang diujikan. MUK yang diujikan antara lain : (1) Merumuskan Keadaan Wilayah Perikanan, (2) Menyusun Programa Penyuluhan Perikanan, (3) Menyusun Materi Penyuluhan Perikanan, (4) Mengembangkan Kemampuan Kelas Kelompok Perikanan, (5) Memfasilitasi Perencaan Usaha Perikanan, (6) Mengevaluasi Pelaksanaan Penyuluhan Perikanan, (7) Mengevaluasi Dampak Penyuluhan Perikanan, (8) Membuat Karya Tulis Ilmiah Bidang Penyuluhan Perikanan.

Portofolio yang digunakan sebagai bukti kompetensi yang dimiliki oleh taruna merupakan hasil praktek taruna selama mengikuti pendidikan di Program Studi Penyuluhan Perikanan. Laporan yang digunakan sebagai portofolio antara lain : Laporan Praktek Teaching Factory I (Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok), Laporan Praktek Teaching Factory II (Programa Penyuluhan Perikanan), Laporan Praktek Keahlian (Identifikasi Potensi Wilayah), Proposal Praktek Akhir (Perencanaan Usaha), Karya Ilmiah Praktek Akhir (Materi Penyuluhan, Evaluasi Pelaksanaan Penyuluhan, Evaluasi Dampak Penyuluhan, Menyusun Karya Ilmiah Penyuluhan).

Asesor yang akan melakukan asesmen kepada taruna merupakan Asesor yang ada di Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan). Dari 35 orang asesor yang dimiliki oleh TUK Jurluhkan, 2 diantaranya merupakan master asesor yakni Dr. Andin H Taryoto, dan Dr.Lenny S. Syafei ujar Ani. TUK Jurluhkan merupakan satu-satunya TUK di lingkup Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP KP) yang telah memiliki master asesor tambahnya.

Ani menyampaikan bahwa selain mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai penyuluh perikanan, taruna juga telah mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi teknis. Sertifikasi kompetensi teknis dilakukan pada semester sebelumnya. Kompetensi teknis yang dilakukan sertifikasi antara lain : pembenihan ikan, pembesaran ikan, dan pengolahan ikan.

 

 

 

 

 

 



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.