Login
x
Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Pengabdian Masyarakat di Pangandaran angkat Tema Akses Informasi dan Komunikasi

Posted: Feb 10, 2017 23:49 -- Category: Pengabdian Masyarakat

Pangandaran (9/02), Sekolah Tinggi Perikanan melalui Unit Penelitiand an Pengabdian Masyarakat secara serentak menfasilitasi semua jurusan yang ada di Sekolag Tinggi perikanan untuk menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Pangandaran. Kegiatan ini dilaskanakan sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan kepada komunitas pelaku utama yang ada di daerah tersebut. Sudah memasuki tahun ketiga, Pangandaran menjadi tempat Praktek Pengenalan Kehidupan Masyarakat Pesisir bagi taruna-taruni STP semester 3.

Pada kesempatan tersebut, Dra. Ani Leilani, M.Si. Jurusan Penyuluhan Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan mengangkat tema Akses Informasi dan Komunikasi untuk Usaha Penangkapan Ikan. Materi yang disampaikan adalah tentang Dinamika dan penguatan Kelompok, serta berbagi informasi-informasi yang bermanfaat bagi usaha Perikanan Tangkap. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor menyapaikan bahwa pada kesempatan tersebut Jurusan Penyuluhan Perikanan akan meberikan Materi seputar Kelompok, dan Informasi-informasi yang diperlukan dalam kegiatan Usaha Penangkapan Ikan seperti bagaiaman mendapatkan informasi Pasang Surut, iklim, cuaca, dan daerah penangkapan ikan. Pada Kesempatan teersebut, secara somlolis, Ibu Ani Leilani menyerahkan dukungan Buku-buku Administrasi kelompok kepada Kelompok Usaha Bersama yanga da di Kecmatan Pangandaran sebagai sebuah bentuk dukungan bagi nelayan agar tertib dalam adminstrasi kelompoknya.

Berikutnya, materi Dinamika kelompok dismapaikan oleh slaah satu Dosen Penyuluhan Perikanan Ina Restuwati, S.IP., M.Si. materi yang dismapaikan meliputi Peran dan Fungsi Kelompok, Kualifikasi Kelompok, Solidaritas Kelompok, dan Administrasi Kelompok, serta menjelaskan tata cara pengisian buku-buku adminsitrasi kelompok. Nampak antusias para peserta dalam materi ini karena selama ini mereka merasa belum melakukan pengadministrasian secara baik usaha penagkapan ikan yang mereka tekuni selama ini.

Mempertegas materi pertama, sleanjutnya Penyuluh Perikanan yang ada di STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Muh. patekkai, S.St.Pi. menyampaikan materi tentang Menjadikan Kelompok sebagai Wahana Belajar. Dalam materinya, dismapaikan tentang Fungsi Kelompok bagi Nelayan. Selain itu, disampaikan juga tata cara mendapatkan informasi seputar bidang perikanan tangkap mislanya sosialisasi Cyber Extension sebagai Modul Online, Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan yang meyajiakn berbagai data perikanan tangkap setiap pelabuhan di Indonesia, Aplikasi Pasang Surut di Android, Sistem informasi Nelayan Pintar, Sistem informasi Kenelayanan di Android, Prakiraan Daeah penagkapan Ikan, Peta Lokasi Penagkapan Ikan (PELIKAN) Tuna, Lemuru, dan Cakalang.

Sebagai bentuk aksi nyata, pada kesempatan tersebut disiapkan 2 Nelayan yang sudah menguasai teknologi informasi untuk bisa menjadi pioner dalam pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Nelayan yang ada di Pangandaran agar lebih melek teknologi dan bisa mengakses informasi secara cepat. Para Nelayan yang sudah memiliki android juga diarahkan untuk memanfaatkan sarana komunikasi seperti Facebook, WhatsApp, BBM, dan bebragai fasilitas chat grup lainnya untuk saling bertukar informasi dan media komunikasi dlama kelompoknya.



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.