Login
x
Wed, 20 Sep 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

TUK Jurluhkan Sertifikasi 235 Taruna STP Jurluhkan

Posted: Aug 12, 2017 04:08 -- Category: Pendidikan

(Bogor, 11/8/2017) Taruna STP Jurusan Penyuluhan Perikanan selain memperoleh ijzah Diploma IV, mereka juga dibekali dengan sertifikat kompetensi. Sertifikat ini memperlihatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap taruna. Sertifikat ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja.
 
Sertifikat komptensi diperoleh taruna bukan secara cuma-cuma. Setiap taruna harus mampu memperlihatkan kompetensinya di hadapan asesor sebelum memperoleh sertifikat kompetensi. Proses penilaian (asesmen) terhadap kompetensi taruna dilakukan mulai dari semester V, hingga usai melaksanakan ujian komprehensif.
 
Bulan agustus ini, dengan semangat hari kemerdekaan, taruna STP Jurusan Penyuluhan Perikanan mengikuti sertifikasi kompetensi. Dalam periode peralihan tahun akademik baru, ratusan taruna STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, menampilkan performa terbaik mereka untuk mencapai standar kompetensi yang disyaratkan.
 
Sertifikasi dilakukan oleh TUK (Tempat Uji Kompetensi) STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. TUK ini merupakan perpanjangan tangan dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Kelautan dan Perikanan, yang merupakan lembaga yang diberikan lisensi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk melakukan sertfikasi di sektor Kelautan dan Perikanan.
 
Dalam kesempatan pembukaan sertfikasi yang dilakukan di aula STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Ketua TUK STP Jurluhkan Yenni Nuraeni, S.Pi, M.Sc melaporkan bahwa taruna dan calon wisudawan akan mengikuti beberapa sertifikasi okupasi dan kompetensi. Sertifikasi Okupasi Penyuluh Perikanan Sertifikasi Kompetensi Konservasi dilakukan untuk 78 orang calon wisudawan dari Jurusan Penyuluhan Perikanan. Sertifikasi kompetensi pembesaran ikan dan sertifikasi kompetensi pengolahan hasil perikanan dilakukan untuk 28 orang taruna semester 7 Jurusan Penyuluhan Perikanan. Terakhir, sebanyak 129 taruna semester 5 Jurusan Penyuluhan akan mengikuti sertifikasi kompetensi pembenihan ikan.
 
Mengakhiri pembukaan sertfikasi, Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, Dra. Ani Leilani, M.Si berharap, peserta sertifikasi mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar dapat mencapai unjuk kerja seperti yang diharapkan dalam SKKNI.


Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.