Login
x
Tue, 19 Dec 2017
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

TEFA Mendidik Taruna Menjadi Penyuluh Tangguh

Posted: Oct 28, 2017 06:34 -- Category: Pendidikan

(Bogor, 28/10/2017) Saat ini STP Jurusan Penyuluhan Perikanan sedang melaksanakan proses belajar mengajar semester Ganjil. Pada semester ini, terdapat satu kelas taruna semester III yang mengikuti praktik di luar kampus. Taruna semester V meski berada di kampus, namun menghabiskan waktunya untuk mengikuti praktik di Laboratorium, maupun kolam praktek.

Semester ini, program studi Penyuluhan Perikanan menerapkan sistem blok pada sistem perkuliahannya. Dengan sistem ini, beberapa mata kuliah yang saling mendukung diselesaikan dalam satu waktu. Pada semester III contohnya, terdapat 4 mata kuliah yang mendukung pratik TEFA (Teaching Factory) Pengembangan Masyarakat Desa di Kecamatan Ciomas.

Dengan sistem blok ini, taruna semester III secara penuh selama 1 bulan berada di Desa untuk memperoleh pengalaman, dan melakukan praktik sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh dosen. Beberapa kegiatan mereka lakukan selama berada di Desa seperti : mengajarkan cara mengolah ikan kepada masyarakat, dan melakukan kegiatan penyuluhan. Taruna semester V juga melakukan kegiatan sebagai lanjutan kegiatan praktik mereka, seperti menjual produk olahan hasil TEFA.

Selama berada di lapangan, dosen pengampu mata kuliah secara bergantian juga melakukan kunjungan ke lokasi praktik. Selama kunjungan, taruna dan dosen dapat saling berdiskusi tentang permasalahan yang ada selama di lapangan. Kunjungan jugadiharapkan mampu memberikan semangat bagi taruna. Intensitas kegiatan di lapangan yang tinggi diharapkan mampu mencetak taruna menjadi penyuluh tangguh di masa yang akan datang.



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2017 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.