Login
x
Tue, 25 Sep 2018
Selamat Datang di Website Resmi STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
           

Belajar Pembenihan Ikan Secara Langsung di TEFA Pembenihan Ikan

Posted: Feb 20, 2018 04:16 -- Category: Pendidikan

(Bogor, 20/2/2018) Saat ini pembelajaran dengan sistem TEFA (Teaching Factory) menjadi unggulan di Sekolah Tinggi Perikanan. Praktik dengan pendekatan TEFA dilaksanakan tidak hanya pada Semester Akhir, namun dimulai dari semester IV. Seperti halnya taruna semester VI yang melaksanakan parktik TEFA di dua (2) lokasi, Taruna semester IV juga melaksanakan praktik TEFA, namun masih memanfaatkan sarana yang dimiliki oleh Kampus.

Praktik TEFA bagi Taruna Semester IV dilaksanakan di Kolam Praktik Pasir Jaya, yang berada sekitar 1 km di belakang kampus. Materi Praktik TEFA bagi Taruna semester ini adalah pembenihan ikan air tawar. Selama mengikuti kegiatan ini, taruna akan melaksanakan kegiatan pembenihan berbagai komoditas perikanan tawar, seperti nila, lele, dan patin. Kegiatan yang harus dilakukan oleh taruna adalah mulai dari persiapan wadah, persiapan induk, hingga pemeliharaan, dan panen benih.

Seluruh kegiatan tersebut dilakukan oleh taruna dengan jadwal yang telah dibuat oleh pengelola Kolam. Setiap hari taruna diwajibkan sudah berada di kolam dari pagi hari, kemudian baru kembali ke kampus di sorehari. Bahkan untuk memaksimalkan kegiatan, makan siang taruna diantarkan ke kolam oleh pihak Asrama. Dengan kegiatan yang dilakukan secara intensif, diharapkan taruna memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melaksanakan kegiatan pembenihan ikan air tawar.

 



Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan
Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor
Jl. Cikaret No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor
Tlp. (0251) 8485231, Fax. (0251) 8485169
  • Top ↑
  • ©2018 STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. All Rights Reserved.